Cyber PR adalah PR yang dilakukan dengan sarana Media elektronik internet dalam membangun merek (brand) dan memelihara kepercayaan (trust), pemahaman, citra perusahaan/organisasi kepada public/khalayak dan dapat dilakukan secara one to one communication bersifat interaktif.
Seluruh kegiatan PR yang ada dapat dilakukan di dalam internet dari mulai melakukan kegiatan publikasi, melakukan hubungan dengan pengguna informasi dan yang lebih hebatnya lagi bahwa management kehumasanpun dapat dilakukan di internet. Dengan demikiann, kegiatan kehumasan bisa lebih fleksibel dari yang dilakukan di dunia nyata, di mana program kehumasan konvensional menegelurkan budget hampir ratusan juta, jika program tersebut dilakukan di dunia internet akan jauh lebih murah. Internet telah membuat para pelaku PR memanfaatkan media ini. Apalagi, apabila keberadan suatu perusahaan telah terekspos melalui situs online. Sebaiknya PR dari perusahaan tersebut tidak tanggung-tanggung dalam menggunakan jasa internet dalam setiap kegiatan PR mereka. Jika dalam dunia fisik, identitas perusahaan dapat saja disembunyikan, dan hanya mengedepankan produk, di Internet hal tersebut tidak akan terjadi. Setiap sisi perusahaan dapat diketahui publik dengan mudahnya, terlebih apabila perusahaan tersebut telah memiliki situs online sendiri. Audiens akan dapat secara aktif dan leluasa dalam memahami company profile maupunproduct dari perusahaan. Berbeda jika secara konvensional yang hanya dapat dilakukan terbatas pada event yang digelar ataupun berinteraksi dahulu dengan customer service.
Strategi secara efektif dapat dilakukan dengan beberapa cara, pertama dengan mendaftar pada media online lokal, regional, dan global seperti yahoo, facebook, kaskus, twitter, ataupun dengan membuat website sendiri. Dimana dalam media tersebut telah di tuliskan secara lengkap beberapa informasi mengena produk maupun perusahaan.
Berikut ini penjelasan singkat dari beberapa manfaat yang dapat diperoleh organisasi bila menerapkan E‐PR:
• Real time, karena aktivitas komunikasi bisa dilakukan dengan cepat
• Komunikasi konstan, karena E‐PR menggunakan internet dan internet dapat diibaratkan sebagai sekretaris yang tidak pernah tidur selama 24 jam dan dengan potensi target publik seluruh dunia.
• Interaktif, karena penggunaan E‐PR memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah, karena publik bisa memberikan feedback secara langsung dan cepat.
• No boundaries, karena tidak akan ada batasan komunikasi dalam E‐PR, sehingga bisa terhubung ke mana saja selama ada jaringan internet.
• Multi media. E‐PR dapat menyajikan informasi kepada publik dengan menggabungkan berbagai media seperti tulno (script), gambar (grafis), dan suara (audio), bahkan audio‐visual (film, video) dalam satu kesatuan.
• Ekonomis. Komunikasi menggunakan internet untuk menjangkau publik yang luas lebih murah daripada media konvensional.
Halaman facebook adalah suatu fasilitas yang disediakan oleh pihak facebook untuk membantu Anda dalam pengorganisasian bisnis, merek, organisasi, jenis hiburan, fans artis, dan lain-lain. Seperti ketika Anda menggunakan akun facebook, Anda juga bisa melakukan beberapa penyesuaian di sini, seperti menerbitkan status, menerbitkan gambar, menambah aplikasi, mengadakan acara, dan lain sebagainya. Anda juga bisa memperluas pemirsa pada halaman facebook Anda dan mengirimkan status secara rutin. Tetapi sebelum itu, Anda mungkin harus mengundang beberapa teman Anda untuk menyukai halaman Anda, semakin banyak teman yang “like” halaman Anda berarti semakin besar pula peningkatan pemirsa pada halaman Anda.
Dari banyak manfaat yang ada inilah beberapa manfaat facebook fanpage untuk pemiliknya.
1. Gratis. Ya, facebook fanpage dapat dimiliki tanpa biaya alias gratis
2. Tidak ada batasan jumlah penggemar/fans untuk sebuah facebook fanpage. Ini berbeda dengan jumlah teman sebuah akun facebook yang dibatasi pada jumlah 5.000 teman
3. Ini memberi media baru dalam berkomunikasi dengan pembaca secara spesifik karena seperti halnya sebuah akun personal, pemilik facebook fanpage dapat membuat update status yang akan muncul dalam news feed seluruh fans
4.Tampil baik di mesin pencari. Facebook merupakan sebuah website nomor 2 terpopuler di dunia menurut alexa
5.Pemilik facebook fanpage dapat membuat media pengenalan merk atas suatu produk
6.Pemilik facebook fanpage dapat mempromosikannya menggunakan fasilitas facebook lainnya seperti sponsored page untuk mendapat publisitas lebih besar
7.Pemilik facebook fanpage dapat membuat komunitas untuk tujuan atau maksud tertentu
8.Facebook fanpage merupakan salah satu media promosi untuk sebuah website
9.Berbagai foto atau video dapat diunggah ke facebook fanpage tanpa batas. Ini sangat baik untuk menunjang pencapaian tujuan melalui sebuah facebook fanpage.
Ditulis oleh Muhammad Arief setyadi 1204122183 marcomm c, mahasiswa Telkom University
Tidak ada komentar:
Posting Komentar