Alal-alat olahraga yang sukses dengan konsep : The Long Tail
Aktivitas
olahraga telah menjadi bagian dari kehidupan setiap orang, baik bagi anak-anak,
pelajar, mahasiswa, orang dewasa, dan tidak menutup kemungkinan bagi para
manula. Olahraga merupakan suatu aktivitas jasmani yang menggunakan otot-otot
besar dan kecil secara sistematis yang dilakukan dengan sadar untuk mencapai
tujuan tertentu. Dengan olahraga maka akan banyak pengetahuan dan informasi
yang didapatkan. Semenjak usia dini, anak-anak sudah dibiasakan untuk
berolahraga, mulai dari TK, SD, SMP, SMA bahkan hingga Perguruan Tinggi, semua
mengharuskan para siswa dan mahasiswanya untuk banyak melakukan aktivitas
olahraga, hal tersebut yang membuat kebutuhan terhadap peralatan olahraga
semakin meningkat setiap harinya.
Seiring dengan terus
meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap sepatu olahraga atau peralatan
olahraga lainnya, berbagai industri pun mulai bersaing untuk menjual
peralatan olahraga yang berkualitas. Kondisi tersebut menciptakan peluang usaha
bagi para distributor peralatan
olahraga karena olahraga telah menjadi bagian vital bagi setiap
orang, tidak terbatas usia. Olahraga merupakan hal yang terus-menerus menjadi
bagian dari masyarakat, sehingga kemudian banyak muncul berbagai toko-toko
olahraga di sekitar masyarakat yang mencoba memenuhi kebutuhan pasar terhadap
peralatan olahraga, dengan berkembang pesat nya teknologi dan media sosial
muncul berbagai produk yang dijual online.
![]() |
( source : http://www.talkmen.com/articles/read/2222/fenomena-olahraga-lari-di-jakarta/ ) |
Trend olahraga
di tahun 2015 memang sering berganti, namun olahraga lari adalah yang tidak
pernah sepi peminat. Hal ini menjadi indikator bahwa olahraga lari memang yang
menjadi favorit di tengah masyarakat dari berbagai kalangan masyarakat.
Di kalangan
tertentu, olahraga lari sudah menjadi gaya hidup. Sehingga meski trend sudah
bergeser, olahraga lari diprediksikan tetap menjadi olahraga yang diminati oleh
masyarakat. Selain olahraga lari, ada pula olahraga yang cukup populer di 2015
seperti zumba, CrossFit, dan yoga, dengan ada trend seperti ini membuat munculnya produk best seller pada olaharaga yang sedang trend, seperti produk nike yang menjadi best seller dikarenakan trend olahrga yang terjadi pada saat ini, namun bukan berarti
peralatan olahraga yang tidak best seller tidak ada peminat atau pasarnya. Pasar untuk peralatan olahraga spesifik itu pasti ada, tetapi memang tidak banyak (niche market), namun peralatan olahraga yang lain dan lebih spesifik tetap laku, dan mendatangkan revenue juga.contoh produk yang sukses dengan konsep The Long Tail yaitu www.tokobeladirionline.com
![]() |
(source : http://mediabisnisonline.com/kisah-enterpreneur-inspiratif-bareng-owner-sportmusicshop-com/) |
Toko beladiri online
merupakan contoh bisnis online yang termasuk The long tail,Produk long tail
tidak akan menggantikan produk hits, tetapi produk long tail menggantikan
monopoli dari produk hits saat terjadi keterbatas fisik retail.
Every one of us — no matter how mainstream we might think we are — actually goes super-niche in some part of our lives… we let our enthusiasm take us deep. And… You can find everything in the long tail – Chris AndersonThe competition is incredibly niche. And so to stand out from that competition, we can’t be everything to everybody, instead we have to find our own niches - Chris Anderson
Penulis : Mita Yunita / 1204124182
Mahasiswa semester 7, Telkom University Fakultas Komunikas dan Bisnis
referensi : 1. http://www.talkmen.com/articles/read/2222/fenomena-olahraga-lari-di-jakarta/
2. http://tokobeladirionline.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar