Sabtu, 12 September 2015

Instagram 2 . 0



Wikinomics?
Sebuah nama atau istilah yang mungkin masih asing di telinga masyarakat. Sebenarnya, Wikinomics merupakan istilah yang dicetuskan oleh Don Tapscott dan Anthony Williams pada tahun 2006, untuk memvisualisasikan upaya kolaborasi yang lebih efisien melalui Internet. Upaya ini ada karena situs web memungkinkan akses oleh pengguna amatir pada alat komunikasi kelas dunia dan pasar dunia. Hal ini membuat orang yang dalam jumlah banyak, yang tidak pernah bertemu sebelumnya, menjadi bisa bekerja sama. Wikinomics mengubah cara berpikir tentang inovasi dimana masyarakat dapat mengembangkan ide jauh lebih cepat dibandingkan sekelompok orang jenius yang terisolasi, dan dengan cepat dapat menyebarluaskannya lagi. Wikinomics dianggap sebagai salah satu bentuk social software yang berbasis open source technology dimana konsep dari perangkat ini adalah untuk memberikan fasilitas layanan secara gratis terhadap penggunanya. Wikinomics dinilai sebagai salah satu isu baru di bidang ekonomi. Dengan adanya Wikinomics, membuat segala aktivitas dalam internet tak hanya sebatas penulis dan pembaca. Tetapi juga adanya interaksi sesama user atau pengguna yang menjadikan tidak adanya batasan antara penulis dan pembaca. Keseluruhan konten dalam internet diatur oleh pengguna. 

Bisa dilihat di salah satu aplikasi yang sudah diunduh oleh jutaan orang di dunia, aplikasi yang menggunakan platform Wikinomics, yaitu Instagram. Instagram merupakan aplikasi yang digunakan untuk membagikan atau men-share foto penggunanya ke seluruh pengguna Instagram. Pencarian foto dalam Instagram dipermudah dengan adanya hashtag sehingga user hanya mencari keyword hashtag terkait. 

Akun Instagram @makanpakereceh
(sumber: Instagram @makanpakereceh)

Berawal dari membahas tempat-tempat makan, sebuah akun Instagram, @makanpakereceh, yang memiliki konsep membagikan informasi tentang tempat-tempat makan di sekitaran kota Bandung yang memiliki daya tarik serta keunikan, yang pada akhirnya mereka mempromosikan hingga bekerja sama dengan tempat makan yang mereka promosikan. Netizen dapat mengetahui melalui segala sesuatu yang dibagikan pada akun Instagram-nya. Biasanya, akun ini membagikan foto serta caption atau keterangan yang berisi pengalaman mereka saat memakan makanan, nama tempat, alamat, dan range harga dari tempat makan yang di promosikan. User lain juga dapat berkomentar untuk berinteraksi dengan akun ini dan berbagi pengalaman di fitur comment. Nah, akun-akun lainnya juga dapat melihat foto yang di share oleh akun ini, terlebih dengan fitur tag yang memungkinkan user lain mengetahui foto yang di share oleh akun ini. Disini, setiap user dapat saling berinteraksi dalam fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi Instagram yang menganut konsep wikinomics. 

Posting Review Makanan oleh @makanpakereceh
(sumber: Instagram @makanpakereceh)

Interaksi oleh User Lain di Instagram @makanpakereceh
(sumber: Instagram @makanpakereceh)

Dengan adanya Wikinomics ini tentunya memudahkan setiap individu dalam berkomunikasi, meskipun belum pernah bertatap muka sebelumnya. Inovasi-inovasi terus bermunculan dalam bidang komunikasi dan telekomunikasi, yang mempermudah, bahkan seakan-akan inovasi ini menentang batasan jarak ruang dan waktu. 



Created by:
Vania Araminta
1204120161

Teruntuk Dosen Kami Miss Lucy :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar