Wikinomics?
Sebuah
nama atau istilah yang mungkin masih asing di telinga masyarakat. Sebenarnya,
Wikinomics merupakan istilah yang dicetuskan oleh Don Tapscott dan Anthony
Williams pada tahun 2006, untuk memvisualisasikan upaya kolaborasi yang lebih efisien
melalui Internet. Upaya ini ada karena situs web memungkinkan akses oleh
pengguna amatir pada alat komunikasi kelas dunia dan pasar dunia. Hal ini
membuat orang yang dalam jumlah banyak, yang tidak pernah bertemu sebelumnya,
menjadi bisa bekerja sama. Wikinomics mengubah cara berpikir tentang inovasi
dimana masyarakat dapat mengembangkan ide jauh lebih cepat dibandingkan
sekelompok orang jenius yang terisolasi, dan dengan cepat dapat menyebarluaskannya
lagi. Wikinomics dianggap sebagai salah satu bentuk social software yang berbasis open
source technology dimana konsep dari perangkat ini adalah untuk memberikan
fasilitas layanan secara gratis terhadap penggunanya. Wikinomics dinilai
sebagai salah satu isu baru di bidang ekonomi. Dengan adanya Wikinomics,
membuat segala aktivitas dalam internet tak hanya sebatas penulis dan pembaca.
Tetapi juga adanya interaksi sesama user
atau pengguna yang menjadikan tidak adanya batasan antara penulis dan pembaca. Keseluruhan
konten dalam internet diatur oleh pengguna.
Bisa dilihat di salah satu aplikasi yang sudah diunduh oleh jutaan orang di dunia, aplikasi
yang menggunakan platform Wikinomics,
yaitu Instagram. Instagram merupakan aplikasi yang digunakan untuk membagikan
atau men-share foto penggunanya ke
seluruh pengguna Instagram. Pencarian foto dalam Instagram dipermudah dengan
adanya hashtag sehingga user hanya mencari keyword hashtag terkait.
![]() |
Akun Instagram @makanpakereceh (sumber: Instagram @makanpakereceh) |
Berawal
dari membahas tempat-tempat makan, sebuah akun Instagram, @makanpakereceh, yang
memiliki konsep membagikan informasi tentang tempat-tempat makan di sekitaran
kota Bandung yang memiliki daya tarik serta keunikan, yang pada akhirnya mereka
mempromosikan hingga bekerja sama dengan tempat makan yang mereka promosikan. Netizen dapat mengetahui melalui segala
sesuatu yang dibagikan pada akun Instagram-nya. Biasanya, akun ini membagikan foto
serta caption atau keterangan yang
berisi pengalaman mereka saat memakan makanan, nama tempat, alamat, dan range harga dari tempat makan yang di promosikan. User lain juga dapat berkomentar untuk
berinteraksi dengan akun ini dan berbagi pengalaman di fitur comment. Nah, akun-akun lainnya juga
dapat melihat foto yang di share oleh
akun ini, terlebih dengan fitur tag
yang memungkinkan user lain mengetahui
foto yang di share oleh akun ini. Disini,
setiap user dapat saling berinteraksi
dalam fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi Instagram yang menganut konsep
wikinomics.
![]() |
Posting Review Makanan oleh @makanpakereceh (sumber: Instagram @makanpakereceh) |
![]() |
Interaksi oleh User Lain di Instagram @makanpakereceh (sumber: Instagram @makanpakereceh) |
Dengan
adanya Wikinomics ini tentunya memudahkan setiap individu dalam berkomunikasi,
meskipun belum pernah bertatap muka sebelumnya. Inovasi-inovasi terus
bermunculan dalam bidang komunikasi dan telekomunikasi, yang mempermudah,
bahkan seakan-akan inovasi ini menentang batasan jarak ruang dan waktu.
Created by:
Vania Araminta
1204120161
Teruntuk Dosen Kami Miss Lucy :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar