This is the era of 'new media. Why i can say that? Because we can't deny that almost everybody on earth connects to internet, almost every minutes, everyday. Kemajuan teknologi memang memiliki pro dan contra, tapi kali ini saya akan membahas betapa hebatnya kekuatan dari pemasaran menggunakan hashtag dalam social media, instagram.
Instagram merupakan salah satu social media platform yang sedang booming dikalangan berbagai lapisan sosial. Bukan hal yang biasa lagi jika setiap company atau pun berbagai macam brand memiliki account di instagram, tujuan utamanya adalah untuk mempermudah kegiatan pemasaran serta membangun relasi dengan followersnya. Dalam instagram kita mengenal istilah "hashtag". Guna dari hashtag dalam instagram adalah untuk mempromosikan foto yang kita post agar dapat diakses oleh public dari berbagai penjuru dunia. Sebuah hashtag dapat dijadikan trending / populer jika banyak user instagram yang mencantumkan hashtag tersebut dalam caption postingan fotonya.
Feature hashtag dalam instagram memiliki banyak keuntungan bagi suatu company yang akan melakukan kegiatan pemasaran, salah satunya membuat para user aware akan keberadaan suatu company atau brand atau bahkam produk yang akan dipasarkan. Baru-baru ini Samsung melakukan launching produk terbarunya, yaitu Galaxy A8. Samsung bekerjasama dengan media, Nylon Indonesia melakukan promosi melalui instagram. Mereka menggelar quiz melalui instagram dengan hadiah berupa free invitation atau undangan gratis ke acara launching Galaxy A8 bagi followersnya.
Dalam akun instagram @authenticplayground & @nylon_id, pengunaan hashtag #ExpressYourA di gunakan berkali-kali untuk membuat followernya aware akan acara tersebut. Selain itu para tamu acara launch Galaxy A8 juga diajak untuk menshare keseruan mereka dalam acara tersebut dengan cara meng-upload foto mereka ke instagram dengan menggunakan hashtah #ExpressYourA. Sampai saat ini ada 1.003 foto yang diunggah ke instagram dengan menggunak hashtag tersebut.
Penggunan hashtag ini tidak hanya dilakukan oleh Samsung saja, banyak berbagai company yang juga menggunakan feature hashtag untuk membantu kegiatan pemasaran mereka terhadap suatu event maupun produk mereka. Bentuk pemasaran yang menggunaka hashtag juga bersifat mengajak para consumernya untuk ikut serta atau aktif dalam kegiatan pemasaran tersebut secara tidak langsung. Pemasaran melalui media sosial memang merupakan salah satu cara yang mudah dan terbilang murah, walaupun tergantung dari kekreatifan bentuk pemasaran itu sendiri. Karena dengan media sosial kegiatan pemasaran akan terasa lebih mudah dan efektif.
Oleh : Mikharisti Tampubolon / 1204120181
Sumber : https://instagram.com/authenticplayground/
https://instagram.com/Nylon_ind/m .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar