PROMOSI HANYA DENGAN 140 KARAKTER
Di era New Media ini, masyarakat luas tidak asing lagi untuk menggunakan salah satunya Media Sosial yaitu Twitter tidak hanya masyarakat biasa, namun setiap artis baik dalam negeri maupun luar negeri pun menggunakan twitter ini untuk mengekspresikan perasaannya, memposting kegiatannya dan masih banyak lainnya yang dapat dilakukan menggunakan media sosial twitter, salah satunya adalah untuk ajang promosi.
Contoh diatas adalah bagaimana Perusahaan Samsung Indonesia lewat akun Official Twitter mereka memperkenalkan atau mempromosikan Samsung Galaxy yang akan tambah canggih dengan hadirnya BBM. itu menunjukan sekarang sosial media tak lagi hanya digunakan untuk ajang curhat saja namun tidak sedikit yang menggunakan twitter sebagai alat untuk menjual dan mempromosikan suatu barang.
Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mempromosikan suatu produk melalui media sosial yaitu,
1. Pilih buzzer yang tepat.
Apa itu buzzer? Buzzer adalah pengguna Twitter (akun personal maupun akun publik/anonim) dengan followers yang cukup banyak yang akan membantu mempromosikan jasa/produk anda ke followers mereka. Di sociabuzz.com (network Twitter buzzer terbesar di Indonesia) anda bisa dengan mudah mempromosikan jasa/produk anda. Penggunaannya mudah, bisa dilakukan sendiri, aman dan cepat. Pilihlah buzzers yang sesuai dengan target market jasa/produk anda.
2. Buat tweet promosi yang kreatif.
Untuk dampak yang lebih maksimal dari tweet promosi yang dilakukan oleh masing-masing buzzer, pastikan anda membuat kalimat tweet yang menarik, kreatif dan unik. Hindari penggunaan kalimat promosi yang sudah biasa, hard-selling, atau monoton. Pastikan kalimat tweet anda dapat menghasilkan sebuah reaksi bagi yang membacanya. Reaksi yang dimaksud adalah: rasa penasaran ingin mencoba, jadi terpengaruh, jadi ingin menyebarkannya ke teman-temannya, jadi ingin tahu lebih lanjut, jadi ingin follow akun anda dan sebagainya.
Kedua point di atas adalah strategi yang wajib dipahami dan diaplikasikan. Bayangkan jika anda mengaplikasikan kedua strategi tersebut dan menggunakan ratusan buzzers untuk mempromosikan dan membicarakan tentang jasa/produk anda dalam waktu yang bersamaan? Efeknya akan lebih dashyat dibanding hanya menggunakan 5-10 buzzers. Besar kemungkinan semua orang akan ikut serta membicarakan jasa/produk anda, karena rasa penasaran, karena terpengaruh para buzzers, dan sebagainya. Buzz atau word of mouth di Twitter bisa kita ciptakan dengan strategi yang tepat. Gunakan kreatifitas anda semaksimal mungkin. Dijamin hasilnya akan luar biasa.
Berarti jelas, bahwa penggunaan media sosial twitter ini sangat berpengaruh besar untuk promosi dan dua hal diatas lah salah satu cara agar promosi kita dapat berhasil menuju sasaran karena memang untuk mengandalkan iklan di TV maupun radio sepertinya sudah terlalu kuno di era New Media ini.
Referensi :
1. http://www.sociabuzz.com/
Ditulis oleh Muhammad Arief Setyadi 1204122183 Marcomm C mahasiswa Telkom University
Teruntuk Dosen Kami Tercinta, Miss Lucy
Tidak ada komentar:
Posting Komentar