Iklan Biskuat; Semangat Ibu dan Anak
Visual Storytelling merupakan penuturan sebuah cerita ke dalam gambar. Visual Storytelling diambil dari dua kata yaitu Visual yang berarti sesuatu yang bisa kita lihat dan amati dan Storytelling adalah suatu pesan yang dibuat untuk disampaikan kepada audience yang memiliki tujuan agar mereka mengerti pesan yang telah disampaikan. Visual Storytelling menggunakan teknik visual dalam membuat pesan yang ingin disampaikan kepada masayarakat.
Kekuatan visual dan storytelling dapat dilakukan dengan banyak cara, seperti video, grafik, ilustrasi, karikatur, ataupun sebuah desain. Mengapa visual penting? Menurut Sam Kusinitz dari HubSpot, konsep visual storytelling membantu menarik perhatian target audiens.
"Komunikasi melalui gambar dan video jauh lebih direspons ketimbang sekadar padatnya kata-kata. Terdapat penelitian yang mengatakan otak manusia itu mampu memproses informasi 6.000 lebih cepat informasi visual ketimbang tekstual. Visual lebih gampang dipahami oleh otak manusia."
(http://marketeers.com/article/kekuatan-visual-storytelling-dalam-content-marketing.html)
Dalam iklan Biskuat ini misalnya. Bagaimana iklan yang berdurasi 45 detik ini memberi makna kasih sayang seorang ibu yang pantang menyerah, seorang ibu yang mengerti pentingnya menanam semangat bagi kehidupan anaknya, seorang ibu yang menang ketika sang anak berhasil mengalahkannya.
Menurut penulis, konsep Visual Storytelling merupakan cara yang baik untuk mengiklankan sebuah produk melalui cerita. Dengan konsep visual, masyarakat menarik perhatiannya kepada iklan tersebut dan konten visual yang diberikan juga lebih cepat diserap otak manuisa.
Konsep Visual Storytelling juga dapat menambah brand awareness dikalangan masyarakat. Dalam iklan biskuat ini, masyarakat menyadari bahwa terdapat sebuah produk makanan ringan yang dapat memberikan semangat seorang anak.
Referensi:
1. http://marketeers.com/article/kekuatan-visual-storytelling-dalam-content-marketing.html
2. https://www.youtube.com/watch?v=C0ayAGh8o6Q
Ditulis oleh: Emanuela Athalia (1204120170), Marcomm C 2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar