Rabu, 23 September 2015

Kreativitas Negara Thailand dalam membuat iklan yang memanfaatkan Visual Storytelling


Visual Storytelling diambil dari kata visual yang berarti sesuatu yang bisa kita lihat dan amati, sedangkan storytelling adalah suatu pesan yang kita buat untuk disampaikan kepada audience atau kepada masyarakat luas yang mana tujuan kita adalah supaya mereka mengerti pesan apa yang akan kita sampaikan. Jadi, Visual StoryTelling adalah kita menggunakan teknik visual lalu membuat pesan yang akan kita sampaikan kepada masayarakat luas. Dengan seperti itu masyarakat akan mulai mengamati dan meihat sisi visual yang di sajikan lalu akan menangkap pesan dari cerita tersebut. Tentunya apabila masyarakat bisa menebak pesan yang disampaikan berarti kita telah berhasil membuat Visual Story Telling yang baik.

Adalah Negara Thailand yang berkali kali membuat dunia gempar dengan produksi iklan mereka yang benar benar memanfaatkan teknik visual story telling yang membuat dunia sampai menitihkan air mata saat melihat iklan iklan buatan negara Thailand tersebut.


Mengapa Thailand begitu berhasilnya membuat Visual Story Telling yang bisa dibilang berhasil? alasannya adalah mereka pintar memainkan beberapa scene yang sangat menyentuh hati seseorang yang meihatnya. Mereka pandai mengambil kejadian kejadian yang sering terjadi di zaman sekarang ini dan merubah itu menjadi sebuah cerita yang menarik, menyentuh, dan membuat seseorang mengetahui maksud dan pesannya sehingga emosional masyarakat sangat tinggi bahkan tidak sedikit orang yang melihatnya menangis tersedu sedu dan beberapa cerita yang diambil pun based on true story maksudnya cerita yang benar tejadi lalu di konstruksi ulang menjadi sebuah cerita yang lebih menarik.






Penulis dapat memprediksi bahwa Thailand akan terus mempertahankan eksistensi negaranya melalui iklan iklan yang memanfaatkan visual story telling ini karena tiap iklan dari thailand ini di unggah di situs Youtube, selalu dapat menarik penonton hingga satu juta penonton bahkan lebih. Uniknya dari iklan tersebut mayoritas adalah iklan asuransi yang mana itu juga sebagai ajang promosi perusahaan asuransi tersebut untuk mepunyai banyak customer.


Jadi, teknik visual story telling selain untuk memberikan suatu pesan yang dapat diamati oleh masyarakat juga dapat dijadikan sebagai alat promosi perusahaan untuk membuat perusahaannya lebih di kenal oleh masyarakat banyak dan keuntungan bagi perusahaan itu sendiri tentunya.


Referensi :
1) seto.citravison,com
2) mindymcadams.com


Ditulis oleh Muhammad Arief Setyadi 1204122183 Marcomm C, Mahasiswa Telkom University
Teruntuk Dosen Kami Tercinta Ms. Lucy 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar