Sabtu, 19 September 2015

Social Media Marketing, Siapa Bilang Gak Banyak Gunanya?!


Dewasa ini, masyarakat dunia, khususnya Indonesia sudah akrab dengan yang namanya media sosial. Yap, media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat ini tentunya memiliki banyak manfaat jika digunakan dengan maksimal. Secara tidak sadar, masyarakat sudah ketergantungan bahkan addict dengan media sosial. Bisa kita lihat sendiri dengan banyaknya jumlah pengguna facebook di dunia atau di Indonesia sendiri. Segala hal yang berhubungan dengan kehidupan kita bisa dijadikan status ataupun hal yang bisa dibagikan di dunia maya melalui media sosial. Tentunya dengan adanya media sosial, manusia lebih mudah mengekspresikan suatu hal. Mulai dari rasa bahagia, rasa sedih, kecewa dan masih banyak lagi ungkapan-ungkapan ekspresi manusia yang disalurkan melalui media sosial. 

GO-JEK
(sumber: www.go-jek.com)

Tak hanya untuk mengekspresikan diri, media sosial juga bisa digunakan sebagai media pemasaran, loh! Mungkin tak banyak pihak yang mengetahui betapa booming-nya Social Media Marketing ini. Bisa kita lihat pada GO-JEK. Ya, GO-JEK merupakan layanan ojek yang dapat diakses secara online melalui ponsel pintar kita. GO-JEK menggunakan media sosial facebook dan twitter untuk memberitahukan promo-promo apa saja yang diberikan, tentunya media sosial merupakan hal yang dekat dengan masyarakat menjadikan masyarakat mengetahuinya dengan instan. Terlebih lagi, dengan fitur share yang pastinya ada disetiap media sosial, sesuatu yang di post-kan di media sosial akan menjadi viral atau booming. Di facebook sendiri memiliki tombol share atau like, sedangkan di twitter memiliki fitur retweet yang memungkinkan orang lain melihat tweet tersebut tanpa harus mem-follow akun yang bersangkutan. Untuk GO-JEK yang sedang membangun citranya, media sosial merupakan media yang sangat bermanfaat.

Akun FanPage Facebook GO-JEK
(sumber: FanPage Facebook GO-JEK)

Akun Twitter GO-JEK
(sumber: Twitter @gojekindonesia)

Berbagai macam keluhan dan sanjungan dari customer akan langsung dilihat oleh pihak GO-JEK melalui media sosial. Akun-akun media sosial itu memudahkan pihak GO-JEK dan customer untuk berinteraksi secara langsung. Keluhan-keluhan dari customer dengan mudah akan cepat ditanggapi dan diberi balasan agar customer tidak merasa kecewa dengan pelayanan GO-JEK. Customer tentunya akan merasa lebih mudah dalam menyampaikan keluhannya melalui media sosial seperti facebook dan twitter

Keluhan Customer di FanPage Facebook GO-JEK

Keluhan Customer di Twitter GO-JEK @gojekindonesia

Ternyata, begitu banyak manfaat yang didapat jika memaksimalkan penggunaan dari media sosial. Tak hanya sekedar untuk mengekpresikan diri, dalam hal pemasaran dan promosi, media sosial merupakan media atau sarana yang sangat bermanfaat. Mudah diakses, menjangkau masyarakat secara luas, dan pesan yang berikan kepada masyarakat bersifat to the point sehingga lebih mudah di cerna oleh masyarakat. Segala sesuatu yang bersifat viral tentunya akan mengundang minat dari masyarakat, seperti media sosial.


created by:
Vania Araminta
1204120161

Teruntuk Dosen kami Miss Lucy :)




1 komentar:

  1. Hi vania..
    Betul sekali bahwa di zaman modern ini setiap individu makin mencintai hal-hal praktis termasuk social media marketing merupakan bentuk praktis untuk berpromosi melalui media sosial. Kenapa praktis? Karena dengan sekali posting, semua followers mengetahui info tersebut bahkan mereka ikut menyebarkannya lagi dengan retweet dan lain sebagainya.
    Di sosial media pun mereka bisa berpendapat sesuka mereka juga. Tapi bagaimana kalau mereka memberi komentar dalam bentuk keluahan atau hinaan terhadap produk/jasa tsb sebagai bentuk ketidakpuasan, apa tidak berdampak pada citra perusahaan? Mungkin jika memberi keluhan via email, hanya internal perusahaan yg bersangkutan saja yg mengetahui tidak menyebar ke masyarakat luas.Sedangkan di sosial media, siapapun bisa melihay dan membacanya. Menurut pendapat kamu bagaimana?

    BalasHapus