Dewasa ini,
masyarakat dunia, khususnya Indonesia sudah akrab dengan yang namanya media
sosial. Yap, media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat ini tentunya
memiliki banyak manfaat jika digunakan dengan maksimal. Secara tidak sadar,
masyarakat sudah ketergantungan bahkan addict
dengan media sosial. Bisa kita lihat sendiri dengan banyaknya jumlah
pengguna facebook di dunia atau di
Indonesia sendiri. Segala hal yang berhubungan dengan kehidupan kita bisa
dijadikan status ataupun hal yang
bisa dibagikan di dunia maya melalui media sosial. Tentunya dengan adanya media
sosial, manusia lebih mudah mengekspresikan suatu hal. Mulai dari rasa bahagia,
rasa sedih, kecewa dan masih banyak lagi ungkapan-ungkapan ekspresi manusia
yang disalurkan melalui media sosial.
![]() |
GO-JEK (sumber: www.go-jek.com) |
Tak hanya untuk
mengekspresikan diri, media sosial juga bisa digunakan sebagai media pemasaran,
loh! Mungkin tak banyak pihak yang mengetahui betapa booming-nya Social Media
Marketing ini. Bisa kita lihat pada GO-JEK. Ya, GO-JEK merupakan layanan ojek yang dapat diakses secara online
melalui ponsel pintar kita. GO-JEK menggunakan media sosial facebook dan twitter untuk
memberitahukan promo-promo apa saja yang diberikan, tentunya media sosial
merupakan hal yang dekat dengan masyarakat menjadikan masyarakat mengetahuinya
dengan instan. Terlebih lagi, dengan fitur share
yang pastinya ada disetiap media sosial, sesuatu yang di post-kan di media sosial akan menjadi viral atau booming. Di facebook sendiri memiliki tombol share atau like, sedangkan di twitter memiliki
fitur retweet yang memungkinkan orang
lain melihat tweet tersebut tanpa harus mem-follow
akun yang bersangkutan. Untuk GO-JEK yang sedang membangun citranya, media
sosial merupakan media yang sangat bermanfaat.
![]() |
Akun FanPage Facebook GO-JEK (sumber: FanPage Facebook GO-JEK) |
![]() |
Akun Twitter GO-JEK (sumber: Twitter @gojekindonesia) |
Berbagai macam
keluhan dan sanjungan dari customer
akan langsung dilihat oleh pihak GO-JEK melalui media sosial. Akun-akun
media sosial itu memudahkan pihak GO-JEK dan customer untuk berinteraksi secara langsung. Keluhan-keluhan dari customer dengan mudah akan cepat
ditanggapi dan diberi balasan agar customer
tidak merasa kecewa dengan pelayanan GO-JEK. Customer tentunya akan merasa lebih mudah dalam menyampaikan
keluhannya melalui media sosial seperti facebook
dan twitter.
![]() |
Keluhan Customer di FanPage Facebook GO-JEK |
![]() |
Keluhan Customer di Twitter GO-JEK @gojekindonesia |
Ternyata, begitu
banyak manfaat yang didapat jika memaksimalkan penggunaan dari media sosial.
Tak hanya sekedar untuk mengekpresikan diri, dalam hal pemasaran dan promosi,
media sosial merupakan media atau sarana yang sangat bermanfaat. Mudah diakses,
menjangkau masyarakat secara luas, dan pesan yang berikan kepada masyarakat
bersifat to the point sehingga lebih mudah
di cerna oleh masyarakat. Segala sesuatu yang bersifat viral tentunya akan mengundang minat dari masyarakat, seperti media
sosial.
created by:
Vania Araminta
1204120161
Teruntuk Dosen kami Miss Lucy :)
Hi vania..
BalasHapusBetul sekali bahwa di zaman modern ini setiap individu makin mencintai hal-hal praktis termasuk social media marketing merupakan bentuk praktis untuk berpromosi melalui media sosial. Kenapa praktis? Karena dengan sekali posting, semua followers mengetahui info tersebut bahkan mereka ikut menyebarkannya lagi dengan retweet dan lain sebagainya.
Di sosial media pun mereka bisa berpendapat sesuka mereka juga. Tapi bagaimana kalau mereka memberi komentar dalam bentuk keluahan atau hinaan terhadap produk/jasa tsb sebagai bentuk ketidakpuasan, apa tidak berdampak pada citra perusahaan? Mungkin jika memberi keluhan via email, hanya internal perusahaan yg bersangkutan saja yg mengetahui tidak menyebar ke masyarakat luas.Sedangkan di sosial media, siapapun bisa melihay dan membacanya. Menurut pendapat kamu bagaimana?