Visual storytelling
adalah penyampaian cerita yang
dilakukan melalui media yang menggunakan image-image visual atau grafis, baik
bergerak maupun diam. (Caputo,2003)
Ada
dua kata yang terkandung dalam Visual Storytelling, yaitu: Visual dan Storytelling. Visual adalah segala hal yang berhubungan dengan
penglihatan, artinya dapat dilihat. Sedangkan storytelling adalah cara yang
dilakukan untuk menyampaikan suatu cerita kepada audience, baik dalam bentuk kata-kata, gambar, foto,
maupun suara. Jadi kalau digabung, pengertian Visual Storytelling adalah cara
menyampaikan suatu cerita kepada audience dalam
bentuk media visual. Atau istilah gampangnya: “Biarkan gambar/foto berbicara“.
Pada
umumnya Visual Storytelling dipergunakan dalam pembuatan Film, poster, animasi
dsb. Namun seiring berjalannya waktu, kini
Visual Storytelling digunakan dalam pembuatan iklan. Iklan adalah salah satu
strategi pemasaran untuk mempromosikan produk/jasa nya melalui suatu media.
Dalam pembuatan iklan diperlukan alur cerita atau story board yang dapat
dilihat dengan mudah. Kita berusaha membuat gambar dari iklan tersebut agar
pesan yang ingin disampaikan dapat sampai dengan mudah. Dalam Storytelling hal
yang perlu diperhatikan adalah kesinambungan antara gambar dan pesan yang
disampaikan. Gambar iklan yang baik adalah gambar yang dapat menjelaskan makna sebenarnya
dari gambar tersebut. Misalkan jika kita membuat iklan produk minuman maka
diperlukan sebuah cerita atau alur yang sesuai dengan toopik yang ingin
ditonjolkan. Selain itu, gambar iklan yang baik adalah melalui gambar iklan
yang dimuat kita dapat menemukan emosi pembaca dan menarik simpati dari
pembaca. Seperti pepatah di atas “Biarkan Gambar berbicara”
Melalui
sebuah gambar, pembaca atau penoonton dapat mengerti emosi pesan dari gambar
tersebut. Emosi yang ada dalam gambar tersebut lah menjadi penarik perhatian
dari pembaca/penonton. Pada umumnya banyak orang lebih mengingat sebuah gambar
dari iklan daripada produknya. Jika kita mampu membuat iklan tersebut secara
unik dan berbeda maka tentulah kita dapat mengambil perhatian mereka.
Gambar 2
Iklan tersebut adalah sebuah
iklan rokok. Gambar tersebut menonjolkan seorang pria yang tangguh. Terdapat
seorang pria dan seekor harimau. Harimau adalah hewan yang buas dan tangguh.
Maka emosi yang ingin ditonjolkan dalam iklan tersebut adalah bagaiman
ketangguhan dan keberanian dari seorang pria yang memiliki sifat maskulin
seperti seekor harimau. Emosi yang dapat dilihat pembaca adalah sesosok pria
yang berani, suka petualang, tangguh dan maskulin.
GAMBAR 2
Gambar tersebut bercerita
tentang betapa enaknya minuman nutrisari. Dalam iklan tersebut terdapat segelas
nutrisari segar dan sebuah jeruk. Makna pesan yang disampaikan adalah bahwa minuman
nutrisari adalah minuman segar yang disukai banyak orang karena jeruk sendiri
menyukai nutrisari. Emosi yang timbul adalah dengan melihat gambar ini, para
pembaca memiliki hasrat untuk mencoba dan mau meminum nutrisari.
Febrianty Magdalena
1204120171
https://commdotlife.blogspot.com/2015/09/visual-storytelling-semangat-ibu-dan.html?m=1
BalasHapus